4 Cara Pengujian Sederhana Untuk Ukur Kemampuan Proteksi Bahan Masker Kain

  • Whatsapp

 

Dihadapkan dengan banyaknya pilihan masker bahan kain pasti bisa buat Anda ragu untuk membeli. Apalagi banyak sekali masker yang diproduksi selama masa pandemik covid 19 ini. Tidak hanya itu, masker dari kain pun hadir dalam berbagai jenis bahan. Mulai dari bahan katun, scuba, Oxford, dll. Lalu bagaimana cara pilih yang paling efektif? jika Anda punya masker kain, 4 cara pengujian sederhana ini bisa Anda coba untuk cek kemampuan proteksinya.

Read More

Inilah Cara Uji Kemampuan Proteksi Bahan Masker Yang Bisa Anda Coba

custom.co.id

1. Meniup Lilin Melalui Masker

Pernah lihat video viral tentang pengguna masker yang meniup korek api? Sebenarnya cara ini tidak 100% jelaskan daya filtrasi. Namun, dari cara ini Anda bisa tahu seberapa tebal, tembus partikel udara dan seberapa rekat serat pada bahan kain masker tersebut. Hal ini sudah dibuktikan bahwa masker bedah tidak tembus udara. Api tidak akan padam jika ditiup saat Anda kenakan masker bedah. Nah bagaimana dengan masker bahan kain Anda? silakan dicoba.

2. Membentang Pada Cahaya Terang

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan mengandalkan cahaya. Uji coba membentangkan masker pada cahaya ini adalah saran dari pakar anasteologi, Scoot Segal. Cara uji ini tidak perlu peralatan berat, cukup bentangkan masker kain pada cahaya terang. Kemudian, perhatikan dengan baik apakah bahan kain tertembus cahaya? Jika ternyata cahaya menembus dan serat kain tampak dengan jelas, berarti kain tersebut tidak layak untuk masker.

3. Merentangkan Dan Lihat Serat Kain

Jika Anda temukan bahan kain yang melar, jangan langsung beranggapan kain tersebut tidak cocok. Sama halnya dengan cara sebelumnya. Coba Anda bentangkan dan rentangkan kain tersebut. Apakah selama direntangkan serat kain terlihat? Apakah terlihat renggang? Jika demikian, ada baiknya Anda gunakan masker berbahan lain. Terkadang ada bahan bersifat melar yang masih punya kerekatan serat yang baik, seperti contohnya kain scuba.

4. Tidak Berubah Bentuk Saat Dicuci

Uji coba terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan mencuci bahan atau masker. Menurut syarat masker kain yang baik dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC), bahan kain tidak boleh berubah bentuk saat dicuci. Silakan Anda coba dan buktikan cara ini. Apakah masker Anda baik – baik saja setelah dicuci? Seperti apa efek yang hadir setelah dilakukan cara ini? Cara ini juga menjelaskan kekuatan bahan kain yang dipakai.

Bagaimana? Ternyata Anda bisa coba buktikan kemampuan proteksi masker bahan kain hanya dengan 4 cara sederhana tersebut. Meskipun bukan uji lab yang akurat, setidaknya cara tersebut bisa jelaskan kepadatan, ketebalan, kekuatan, dan kemampuan filtrasi masker. Apakah masker Anda tembus udara, tembus cahaya, serat kain terlalu longgar, atau rusak saat dicuci? Anda bisa tentukan semua jawaban tersebut dengan uji kemampuan sederhana ini.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *