Agar Tak Sembarangan Diedit, Begini Cara Mengunci File Excel

  • Whatsapp

Banyaknya rumus atau formula yang dipakai dalam mengolah data di Microsoft Excel, membuat pengeditan sembarangan bisa berakibat sangat fatal. Maka dari itu, ada baiknya jika Anda memproteksi atau mengunci file Excel tersebut. Cara mengunci file Excel sendiri terbilang sangat mudah. Anda yang belum pernah melakukannya sebelumnya, bisa mengikuti tahapan berikut ini.

Read More

1. Pilih Proteksi Lembar

Langkah awal untuk memproteksi file Excel adalah memilih tab ‘Tinjau’, lalu pilih ‘Proteksi Lembar’. Seperti yang Anda ketahui bahwa dalam satu file Excel, Anda bisa membuat beberapa lembar kerja. Jadi, jika ingin memproteksi setiap lembar pada file Excel tersebut, Anda bisa melakukan cara yang sama berulang kali.

2. Pilih Tindakan yang Bisa Dilakukan oleh Pengguna Lain

Setelah Anda klik pada ‘Proteksi Lembar’, maka akan muncul beberapa pilihan terkait tindakan yang bisa atau tak bisa dilakukan pengguna lain. Pilihan yang muncul seperti ‘Pilih sel yang dikunci’, ‘Pilih sel yang tidak dikunci’, ‘Memformat sel’, ‘Memformat kolom’, dan lainnya. tanda centang yang Anda butuhkan berarti Anda mengizinkan pengeditan sesuai tindakan yang tertera.

Sebagai contoh, misalnya Anda tak mencentang apapun pada pilihan tindakan tersebut, maka pengguna lain tak akan bisa mengedit satu pun data. Namun, jika Anda tindakan ‘Memformat kolom’, maka pengguna lain bisa melakukan perubahan seperti mengubah lebar kolom atau menyembunyikan kolom tertentu.

3. Input Password untuk Mengunci File Excel

Hal terakhir yang dilakukan adalah menginput password agar file tak bisa diakses, kecuali oleh Anda atau pengguna lain yang mengetahui password tersebut. Gunakanlah password atau kata sandi yang kuat, menggunakan kombinasi huruf besar dan kecil, serta tambahan angka. Jangan pilih password yang mudah seperti tanggal lahir, karena kemungkinan besar mudah untuk diterka.

Itulah tadi 3 langkah mudah yang bisa Anda lakukan sebagai cara mengunci file Excel. Jangan sampai data yang Anda buat di Microsoft Excel jadi kacau balau, karena sembarangan diedit oleh pengguna lain. Gunakanlah juga kombinasi password yang susah untuk diterka, agar tak ada orang iseng yang bisa membobol perlindungan file Excel Anda.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *