Banyak Orang Salah, Ini Perbedaan Madu Hutan dan Madu Biasa

Madu hutan dan madu biasa memiliki perbedaan yang tidak terlalu mencolok. Namun keduanya memiliki kandungan yang berbeda. Secara fisik kita tidak dapat melihat perbedaan madu hutan dan madu biasa. Tentu jelas keduanya memang sama-sama alami namun apakah yang menjadi perbedaan madu hutan dan madu biasa?

Kandungan yang Berbeda

Madu hutan dan madu biasa memiliki kandungan yang berbeda. Keduanya sama-sama alami madu hutan memiliki kandungan yang lebih kaya karena semua bahan makanan yang didapatkan oleh lebah hutan, juga berasal dari hutan. Ketika sumber makanan yang berasal dari hutan maka akan sangat banyak jenis makanan dan buah-buahan yang dikonsumsi oleh lebah hutan.

Lebah hutan merupakan spesies yang berbeda dari lebah biasa. Lebah biasa atau lebih dikenal dengan lebah ternak merupakan lebah apis cerana dan apis mellifera. Lebah hutan merupakan jenis lebah apis dorsata. Spesies ini merupakan spesies yang memiliki ukuran lebih besar dibandingkan apis cerana dan mellifera.

Makanan dari lebah hutan yang multiflora membuatnya menghasilkan madu yang memiliki ciri khas berbeda dibandingkan madu ternak. Bahkan pada pegunungan tinggi di Nepal madu hutan mengandung ganja yang memabukkan. Semua itu tergantung dari pada lingkungan hutan yang lebah tersebut huni selama masa tinggal tersebut.

Konsistensi Berbeda

Madu hutan memiliki konsistensi berbeda dibandingkan madu ternak. Hal itu dipengaruhi cuaca dan juga lingkungan hutan yang lembap. Memang madu hutan memiliki wujud liquid yang lebih cair namun rasanya punya ciri khas seperti alcoholic. Terkadang madu hutan yang mengandung alkohol karena proses biologis dan keadaan lingkungan di dalam hutan.

Madu ternak memiliki hasil madu yang lebih kental karena makanannya sangat terjaga dan tidak memakan tanaman-tanaman liar. Akan tetapi madu ternak memiliki rasa yang monoton dan kurang tajam. Hanya ciri khas madu saja yang bertahan dan terasa sangat jelas di madu ternak. Tentu saja itu sangat berbeda dengan madu hutan terkait makanan dan lingkungannya.

Madu dan sendiri memiliki banyak varian. Pada hutan tropis biasanya rasanya lebih cenderung bold karena di lingkungan tropis memiliki banyak tipe bunga dan beragam jenisnya. Pada hutan non tropis biasanya rasanya akan cenderung mengandung aroma khas yang tak terlalu tajam. Nah itulah perbedaan madu hutan dan madu biasa, jangan sampai kita salah dalam memilih madu.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy