Prosedur Balik Nama Motor dan Cara Mudah Mengurusnya

  • Whatsapp

Tak jarang orang lebih memilih membeli motor bekas dibanding motor baru. Hal ini disebabkan karena biaya yang dikeluarkan cenderung lebih mudah dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Meski demikian namun setelah ini Anda juga harus mengurus balik nama STNK dan BPKB. nah berikut merupakan prosedur balik nama motor dan cara mudah mengurusnya.

Siapkan Semua Dokumen yang Dibutuhkan

Sebelum melakukan balik nama STNK dan BPKB, ada beberapa dokumen yang perlu Anda persiapkan. Dokumen tersebut antara lain seperti BPKB dan STNK asli BESERTA fotokopi, KTP asli dan fotokopi, hingga kwitansi pembelian kendaraan bertanda tangan di atas materi. Jadi sebelum melakukan balik nama kendaraan, pastikan siapkan beberapa dokumen tersebut.

Pergi ke Kantor Samsat Terdekat

Jika semua dokumen sudah siap, Anda hanya perlu pergi ke kantor Samsat terdekat. Masukkan STNK asli dan fotokopi, KTP asli dan fotokopi, dan fotokopi BPKP masukkan dalam map. Sedangkan untuk BPKB asli dan kuitansi masukkan dalam map terpisah. Namun jika balik nama dilakukan beda wilayah, maka Anda harus melakukan proses cabut berkas terlebih dahulu.

Lakukan Tes Fisik Kendaraan

Kendaraan yang akan dibalik nama tentunya harus dibawa ke tempat cek fisik terlebih dahulu. Nantinya Anda akan diberi lembaran hasil tes fisik yang harus diserahkan bersama dengan berkas yang sudah disiapkan. Setelah proses validasi, hasil cek fisik dan berkas akan dikembalikan kepada Anda untuk proses pengurusan balik nama BPKB di Polda setelah STNK selesai balik nama.

Melakukan Pendaftaran Balik Nama

Langkah selanjutnya yakni daftar balik nama di loket gedung Samsat. Setelah Anda menunjukkan berkasnya, mereka akan memeriksa kelengkapannya, Setelah itu Anda akan diminta untuk mengisi formulir pendaftaran balik nama. Tunggu hingga nama Anda dipanggil dan Anda akan diberikan tanda terima jika berkas sedang diproses.

Ambil Notice dan Bayar Pajak

Setelah proses balik nama selesai, nantinya Anda akan diberi notice pajak yang berisikan rincian dan jumlah pajak yang harus Anda bayarkan. Anda diharuskan untuk melakukan pembayaran pajak di loket pembayaran.

Pengambilan STNK

Setelah proses pembayaran pajak selesai, Anda hanya perlu menunggu nama Anda dipanggil untuk proses pengambilan STNK yang sudah jadi. Nantinya Surat Tanda Kendaraan Bermotor (STNK) tersebut akan dibalik nama menjadi atas nama Anda.

Itulah prosedur balik nama motor dan cara mudah mengurusnya. Pada dasarnya proses balik nama kendaraan bermotor tidak serumit yang dibayangkan jika Anda mengetahui prosedur dan tata caranya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *